Publikasi » Detail

MOMENT APKASI EXPO 2021 SEBAGAI AJANG MEMPERKENALKAN POTENSI ANDALAN DAN BRANDING KABUPATEN BANGKA SELATAN

Detail Publikasi

Apkasi Expo adalah momen atau ajang untuk menunjukkan eksistensi baik dari aspek potensi, daya saing maupun branding bagi seluruh kabupaten kota di Indonesia. Pada kesempatan Apkasi Expo ini, Kabupaten Bangka Selatan berpartisipasi dan berkesempatan memperkenalkan sekaligus mempertunjukkan potensi andalan secara visual diantaranya potensi perkebunan, pertanian dan perikanan, Kawasan Industri Strategis Sadai dan Kawasan Andalan Pariwisata Prioritas mendampingi Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Belitung atau Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang Belitung. Tentunya ini menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung secara langsung untuk menggali informasi detail tentang potensi andalan yang dimiliki oleh Kabupaten Bangka Selatan serta aspek pendukung investasi lainnya. Hal ini sekaligus juga menjadi media informasi yang penting dan menarik bagi para pelaku investasi di seluruh Indonesia, khususnya yang bergerak di bidang industri pengolahan dan industry pariwisata.

Selain itu hadir moment yang menarik dalam kesempatan Apkasi Expo kali ini, dimana Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan memperkenalkan branding dan tagline Bangka Selatan, yaitu “Negeri Seribu Pesona” dengan design logo yang sudah dikemas sedemikian rupa dengan mempertimbangkan filosopi berbasis kearifan dan potensi lokal. Dengan branding dan tagline ini tentunya harapan kita bersama bahwa Kabupaten Bangka Selatan lebih dikenal karena potensi alamnya, akulturasi budayanya, keterbukaan, keramahan dan toleransi terhadap masyarakat pendatang, menghadirkan pesona wisatanya berbasis kearifan lokal.

Dari aspek pariwisata, hal ini tentunya tidak berlebihan mengingat Kabupaten Bangka Selatan memiliki potensi dan keunikan tersendiri, baik dari segi keunggulan fisik (lingkungan), modal sosial (Social Capital) maupun keunikan budaya lokal dan menunjukkan eksistensinya sebagai kabupaten yang memiliki keunggulan geografis dalam mendukung pembangunan pariwisata berbasis bahari dan keanekaragaman hayati serta sekaligus juga mendukung pembangunan poros maritim Indonesia dan dunia. Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui instansi atau organisasi perangkat daerah terkait sebagai entitas pengambil kebijakan sektor kepariwisataan tentunya selalu berkomitmen untuk segera mengimplementasikan langkah-langkah pembangunan sektor kepariwisataan, dimulai dengan bagaimana merumuskan suatu perencanaan yang sistematis, terintegrasi, holistik yang berbasis sumberdaya lokal dan berpihak ke  keberlanjutan lingkungan, mengingat kepariwisataan merupakan proses pengembangan yang merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bermakna positif untuk menuju keadaan yang lebih baik atau sesuai dengan target yang ingin dicapai tanpa pernah meninggalkan keunikan sosial dan budaya lokal.

Dari aspek pembangunan hilirisasi produk primer, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan dan selalu berkomitmen untuk mewujudkan transformasi ekonomi dari sektor bahan baku primer ke sektor hilirisasi produk. Hal ini dilakukan untuk memberikan nilai tambah dan konstribusi dari subsekator industri pengolahan terhadap perekonomian Bangka Selatan. Suatu peluang dan kesempatan yang tentunya tidak boleh kita lupakan mengingat Kabupaten Bangka Selatan memiliki suatu Kawasan Industri Strategis Prioritas di Indonesia, yaitu Kawasan Industri Sadai sesuai konsensus dalam Perpres 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Kita optimis bahwa Kabupaten Bangka Selatan sebagai pintu masuk perekonomian di Bangka Belitung dapat segera kita wujudkan.

 

Salam Negeri Beribu Pesona

Bagikan:

Publikasi Lainnya: